0 8 miliar dolar aplikasi di 2010

8 Miliar Download Aplikasi di 2010

Aplikasi (foto
Aplikasi (foto" Apple)
SAN FRANSISCO - 2010 merupakan tahun pertumbuhan pasar mobile aplikasi. 2011 diharapkan kompetisi di pasar tersebut akan semakin meningkat.

Perusahaan riset ABI Research mengatakan pada 2010 lalu jumlah mobile aplikasi di dunia mencapai 8 miliar download. Dari sekian banyak platform penyedia aplikasi, Apple iTunes masih menjadi pemimpin pasar.

Menurut periset di ABI, platform antarmuka iPhone memberikan kontribusi sekira 5,6 miliar akumulasi download hingga akhir 2010. Angka ini masih cukup besar dibanding total 7,9 miliar download dari keseluruhan toko aplikasi sepanjang tahun tersebut.

Namun begitu ABI Research memprediksi jika Apple akan menghadapi persaingan yang cukup ketat di 2011 ini.

"Sayangnya, iTunes AppStore hanya menargetkan penggunaan pada pengguna iOS. Hal ini memberikan ruang yang cukup besar bagi toko aplikasi lain untuk melayani platform di luar Apple," ujar periset ABI, Fei Feng Seet, seperti dikutip melalui Cellular News, Jumat (11/3/2011).

Menurut Seet, pengapalan unit smartphone Android telah melebihi Apple. Meski jaraknya masih jauh namun akumulasi download aplikasi dari Android Market dan platform yang disediakan pihak ketiga telah melampaui angka 1,9 miliar download hingga akhir 2010 lalu.

"Apalagi konten dalam Android Market telah mencapai 130.000 aplikasi, yang tersebar di 48 negara di dunia. Angka ini mencapai setengah dari total katalog apliakasi yang ada di toko Apple," ujar Seet.

Peningkatan yang sama juga diprediksi akan dialami oleh RIM. Produsen Blackberry itu terlihat mulai memaksimalkan diri di pasar aplikasi mobile. ABI Research memperkirakan, akumulasi download aplikasi di Blackberry secara keseluruhan mencapai lebih dari 1 miliar hingga Desember 2010.

Pasar aplikasi mobile yang diyakini akan terus tumbuh juga didukung oleh insiatif operator jaringan seluler yang ikut terjun. Salah satunya adalah operator India, Idea yang baru saja meluncurkan toko aplikasi online. Bahkan penyedia aplikasi lain seperti GetJar telah menambahkan  dana USD25 juta untuk melakukan ekspansi.

  
Berita lainnya :

Korea Selatan sukses mengembangkan 4G

Camera termahal di dunia

Ruang server Facebook!!! 

Ponsel Tercanggih di dunia

0 komentar:

Posting Komentar

 

TenkySeven Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates